Selasa, 24 September 2013

STEAMED RICE CAKE

Steamed Rice Cake ini sebenarnya hampir sama dengan Bolu Kukus Tepung Beras yang pernah saya posting sebelumnya. Perbedaannya terletak pada cara pembuatan. Resepnya saya dapatkan dari Baking On Cloud 9.


Ini resep aslinya ya....

STEAMED RICE CAKE

Bahan-bahan:

200gr tepung beras
200ml santan --> saya menggunakan 60ml santan + 180ml air putih, lalu dididihkan
160ml air mendidih
2sdt baking powder double acting
120gr gula pasir --> saya hanya menggunakan 100gr
1/4sdt esence vanilla --> saya tidak gunakan

Cara Membuat:

Ayak tepung beras dan 1sdt baking powder.
Campur tepung beras dan santan, aduk rata.
Tambahkan air mendidih, aduk rata dan diamkan hingga dingin.
Setelah dingin, masukkan 1sdt sisa baking powder, lalu diamkan hingga 1 jam.
Tambahkan gula dan essence vanilla ke adonan, lalu aduk rata.
Siapkan cetakan.
Tuang adonan ke dalam cetakan, dan diamkan untuk mengembang sekitar 30 menit.
Masukkan ke dalam kukusan.
Kukus sekitar 15 menit hingga matang.


Pada saat  membuat ini, saya tidak mengikuti aturan di atas, karena memakan waktu lama, sementara kue ini saya buat sebagai bekal Aisha sekolah. Jadi, saya melewati tahapan proses pengembangan (mendiamkan sekitar 1 jam dan 30 menit). Saya langsung saja mencampur dan memasak semua bahan cair (santan+air) hingga mendidih, lalu menambahkan gula pasir hingga larut. Setelah itu, diamkan hingga agak dingin, lalu dituang ke campuran tepung beras+baking powder. Aduk rata. Selanjutnya, adonan dituang ke dalam cetakan-cetakan kecil, lalu dikukus sekitar 15 menit.

Dan, ternyata cara itupun berhasil, kuenya mengembang, lembut dan nikmat. Entah karena faktor 'lucky' atau memang bisa dilakukan dengan cara ini. Mungkin lain kali saya akan coba dengan aturan aslinya, bisa jadi rasanya lebih nikmat lagi dan lebih "tertawa ngakak".

3 komentar:

geriatrics mengatakan...

Mbak, kue nya kalau ditambahkan buah kering boleh khan ya? Thanks before :)

Janita L. Praisha mengatakan...

Kalau aku sendiri belum pernah mencoba untuk ditambahkan buah kering. Takutnya malah tidak mengembang karena tidak menggunakan telur. Kalau untuk cake panggang, aku pernah coba beberapa kali mbak, karena kalau panggang, walaupun tanpa telur, ada tambahan jeruk nipis sebagai penggantinya.

geriatrics mengatakan...

Owww... Baiklah. Di blog ini ada resepnya khan ya cake panggang buah kering tanpa telur nya? Thanks again so much mbk :)