Minggu, 29 September 2013

DONUT KENTANG

Resep diambil dari Donut Kentang NCC, cuma saya tidak menggunakan telur. Awalnya sih, agak pesimis, apakah donutnya bisa empuk atau tidak. Tetapi ya sudahlah, dicoba saja.. Pada saat mengadoni, saya menggunakan mixer sekitar 10 menit. Setelahnya, ditambah bantingan tangan... waduuh.. Ternyata hasilnya.... Alhamdulillah.... masih bisa empuk.... enak pula....


DONUT KENTANG
sumber: NCC


Bahan:

500gr tepung terigu protein tinggi
50gr susu bubuk --> saya tidak pakai
11gr ragi instan
200gr kentang, kukus, haluskan dan dinginkan
100gr gula pasir
75gr mentega
1/2sdt garam
4butir kuning telur --> saya tidak pakai
100ml air dingin


Cara Membuat:

1. Dalam wadah, campur tepung terigu, gula, susu bubuk, ragi instan, aduk rata. Masukkan kentang halus, tuang telur dan air dingin, uleni hingga rata dan setengah kalis.
2. Beri mentega dan garam, uleni terus hingga kalis elastis. Istirahatkan 15 menit. --> saya sekitar 25 menit.
3. Bagi adonan, masing-masing 50gr, bulatkan. Diamkan 20 menit hingga mengembang.
4. Lubangi tengahnya, menjadi bentuk donat, segera goreng sampai kuning kecoklatan.
5. Angkat, tiriskan. Taburi gula donut atau hias dengan coklat.

4 komentar:

Unknown mengatakan...

hai mbak salam kenal..
seneng banget nemu blog ini ..
saya baru aja tes alergi ke 2 anak saya pakai bio e.. dan kaget ternyata anak saya alergi telur,kedelai kacang tanah dll. kalau boleh sharing dmn ya mba sy bs hubungi mba? ada email kah mba? karena saya bener2 butuh temen sharing khususnya resep2 masakan tanpa telur. yg buat saya kaget anak pertama saya sudah umur 4 tahun dan saya baru tahu alergi , adiknya 5 bulan sudah ketahuan karena atopik tsb

Janita L. Praisha mengatakan...

Salam kenal juga mbak... Saya bisa dicontact di email: erikadarusman@gmail.com

Unknown mengatakan...

salam kenal ya mbak..
saya baca-baca resepnya mbak janita.wuiih...luar biasa ya kreasinya..kebetulan anak saya 3. dan semuanya alergi susu sapi, telur dll..
blog ini sungguh menginspirasi. bolehkah saya sharing dg mbak lewat email ttg resep2 nya... trims.

riens mengatakan...

salam kenal mba...setelah searching2 akhirnya nemu juga blog kayak gini.anak saya 7thn batuk terus didiagnosa dokter kemungkinan alergi makanan tp blm tau pastinya krn alergi jenis makanan apa,sementara tdk boleh makan wortel, tomat, kacang2an dan semua protein hewani kecuali yg berkaki 4 sj.