Kamis, 24 Januari 2013

GARLIC BUN

Kalau makan bun ini, langsung teringat masakan India. Kebetulan resepnya diambil dari website seorang vegetarian India, tapi lupa nama websitenya.

Sesuai dengan namanya "Garlic", bun ini menggunakan bawang putih cincang. Tapi, karena khawatir Aisha tidak suka, maka saya skip bawang putihnya... He... he... he... Mudah-mudahan si empunya resep ga marah, soalnya namanya Garlic kok ya bawang putihnya ga dipakai...

Bunnya lumayan enak, apalagi kalau disantap dengan kari... mhhh... Tapi dimakan seperti itu saja tetap enak kok. Rasanya asin dan gurih. Aromanya tetap wangi walaupun bawang putihnya tidak dipakai. Yang pasti, Aisha sukaaa. Well, she's my best and loyal customer, always likes what I've made for her and never complained about it... Hi... hi... hi... Thank you ya nak... By the way, bun ini lebih  nikmat jika disantap dalam keadaan hangat.


GARLIC BUN

Bahan:

1 1/2cup tepung terigu serbaguna
3/4sdm ragi
1/2cup air hangat (bisa ditambah jika diperlukan)
3/4sdt garam
1sdm gula pasir
1sdm minyak sayur

untuk taburan:
3-4siung bawang putih cincang halus --> saya tidak pakai
2sdm butter
1sdm daun bawang

Cara membuat:

Dalam mangkuk besar, campur tepung terigu, ragi dan gula pasir. Aduk hingga rata. Tuangkan air. Diamkan hingga air terserap ke tepung. Uleni hingga rata. Jika perlu, tambahkan air sediki-sedikit menggunakan sendok.

Tambakan minyak sayur dan garam. Uleni hingga kalis. Tutup mangkuk adonan dengan menggunakan serbet basah dan diamkan hingga mengembang 2x lipat, sekitar 1-1.5 jam.

Jika telah mengembang, kempiskan dan uleni lagi sebentar, sekitar 2 menit. Lalu bagi menjadi 6 bagian dan bulatkan. Tata masing-masing bagian ke dalam loyang. Buat sedikit lekukan di bagian atas adonan untuk taburan. Diamkan kembali sekitar 45 menit hingga mengembang 2x lipat.
Sementara itu, buat taburan dengan mencampur semua bahan. Panaskan oven di 180'C dan letakkan taburan di bagian atas adonan. Panggang adonan selama 20-25 menit atau sampai bagian luar berwarna kecoklatan. Angkat dan dinginkan.

Tidak ada komentar: