Jumat, 18 Januari 2013

CAKE APEL

Judul aslinya "Cranberry and Apple Ring". Cuma, berhubung tidak bisa menemukan cranberry, digantilah judulnya menjadi "Apple Ring Cake". Resep asli diambil dari buku "500 Cakes and Bakes" karangan Martha Day. Buatnya lumayan mudah dan cepat, karena tidak perlu dimixer, cukup campur-campur semua bahan jadi satu, lalu diaduk hingga rata.

Ga nyangka, Aisha sukaaaa sekali kue ini. Waktu baru mateng, dia makan 3 potong sekaligus. Sorenya, dia makan lagi 3 potong. Aduh, kalo begini, mami seneng deh nyoba bikin kue untuk Aisha....



APPLE RING CAKE (KUE APEL)

Bahan:

2cups self-raising flour
1sdt bubuk kayu manis
1/2cup gula kelapa (palm sugar)
1bh apel potong kecil-kecil --> saya menggunakan apel yang diparut
4sdm minyak sayur
150ml juice apel
Gula putih bubuk untuk taburan

Cara memasak:

Panaskan oven di 180'C. Siapkan loyang ring / tulban yang telah diolesi tipis dengan mentega. Ayak tepung dan bubuk kayu manis di mangkuk besar, lalu masukkan gula kelapa dan diaduk rata. Tambahkan apel yang sudah dipotong-potong kecil, minyak dan juice apel, lalu aduk hingga semua tercampur rata. Tuang adonan ke dalam loyang, dan panggang sekitar 34-40 menit atau sampai bagian luar kue terasa kokoh ketika disentuh. Keluarkan kue dari oven, dan diamkan hingga dingin. Taburkan gula putih seagai hiasan.

Tidak ada komentar: