Sabtu, 19 Januari 2013

PAO APEL KAYU MANIS

Bangun pagi, kepingin buat sesuatu buat camilan Aisha. Apa ya? Mhhh... Kebetulan kemarin lihat-lihat buku pao, tertarik mau coba Cinnamon Apple Pao, karena di kulkas masih banyak apel yang belum dimakan, dan takut malah jadi busuk karena sudah lumayan lama. Resepnya diambil dari buku "18 Bakpao Lezat" keluaran Primarasa.

Hasilnya lumayan lembut loh... Aroma kayumanis-nya "cetar membahana". Karena menggunakan margarin sebagai pengganti mentega putih, jadi memang hasilnya agak kekuningan sedikit. Tapi overall, orang-orang rumah suka sekali. Kayaknya besok-besok, bisa buat lagi nih, bisa diisikan abon atau tumisan daging cincang...

 Ini resepnya ya...

Adonan Dasar Kulit Pao (700gr)

Bahan:

Biang
250gr tepung terigu protein rendah
11gr ragi instan
150ml air

Adonan
150gr tepung terigu protein rendah
1sdt baking powder
80gr gula pasir halus
50gr mentega putih--> saya menggunakan margarin
50ml air

Cara membuat:

Biang
Taruh tepung terigu, ragi dan air dalam mangkuk, uleni selama 10 menit hingga adonan kalis dan tidak melekat di tangan. Bulatkan, taruh dalam mangkuk, lalu tutup dengan selembar plastik/serbet bersih yang lembab hingga adonan mengembang 2 kali semula (30 menit). Kempiskan adonan dengan cara ditinju.

Adonan
Campurkan tepung terigu, baking powder, gula, mentega putih dan air ke dalam adonan biang. Uleni hingga adonan rata dan kalis (5 menit), bulatkan, diamkan selama 15 menit.

Kempiskan adonan, bagi sesuai kebutuhan, masing-masing bulatkan, diamkan selama 10 menit. Adonan siap dibentuk.


CINNAMON APPLE PAO

Bahan:

1 resep adonan dasar pao
14 lembar kertas minyak / kertas roti

Isi:

600gr apel hijau (granny smith / apel malang), kupas, buang bagian tengahnya
30gr mentega tawar
150gr gula kastor
1sdm air jeruk lemon
1.5sdt kayu manis bubuk

Cara membuat:

1. Isi: Iris-iris apel bentuk dadu 1/2 cm. Panaskan mentega dan gula dalam panci di atas api sedang hingga berubah warna, masukkan irisan apel, aduk selama 2 menit.

2. Tambahkan air jeruk lemon dan kayu manis bubuk, aduk terus hingga airnya terserap habis. Angkat, dinginkan, bagi menjadi 14 bagian.

3. Bagi adonan kulit pao menjadi 14 bagian @50gr, bulatkan, diamkan selama 10 menit. Pipihkan 1 bagian adonan, taruh 1 bagian adonan isi di tengahnya, bulatkan, taruh di atas kertas minyak. Diamkan selama 10 menit hingga mengembang.

4. Didihkan air dalam dandang, bungkus tutup dandang demgan serbet. Masukkan pao ke dalam dandang, kukus selama 5-7 menit hingga matang, angkat.

Tidak ada komentar: