Minggu, 25 November 2012

BERBURU RESEP MASAKAN ANAK ALERGI

Aisha termasuk anak yang mengidap "multiple alergi", dimana sementara ini diharuskan menghindari makanan dan minuman yang mengandung susu, cokelat, keju, telur dan semua turunannya. Jadi, bila bepergian, saya lebih memilih untuk membawa bekal makanan sendiri untuknya karena khawatir tidak tersedia makanan yang bersifat dairy-free dan egg-free. Selain itu, saya juga berusaha untuk sebisa mungkin menghindari penggunaan terigu untuk Aisha karena menurut buku yang saya pernah baca karangan Wid Widyanto, pakar makanan sehat, terigu memberikan efek kurang bagus untuk pencernaan anak bila dikonsumsi terlalu sering. Karenanya, saya lebih banyak mengacu kepada resep-resep masakan untuk anak alergi, autis dan vegan yang saya kombinasikan sesuai kebutuhan.


Sebagai anak alergi, Aisha juga diwanti-wanti untuk menghindari penggunaan bahan makanan yang mengandung pengawet dan penyedap rasa.  Jadi intinya, makanan Aisha harus fresh dan menyehatkan namun yang terpenting harus bisa bersahabat dan dapat diterima oleh tubuhnya.

Untuk menambah ilmu dan perbendaharaan resep, sayapun berburu buku-buku masakan untuk anak alergi, vegan dan autis. Namun sayangnya, di Indonesia buku-buku semacam ini masih sangat terbatas. Kalaupun ada, harus mencari di toko buku yang menjual buku-buku import, dan itupun jumlahnya hanya berkisar 1-2 buku saja. Biasanya, amazon.com menjadi rujukan utama saya. Buku jenis ini melimpah ruah di sana, dan terkadang membuat pening kepala karena bingung memutuskan pilihan. Atau cara lain yang lebih hemat dengan membuka web-web atau blog-blog untuk anak alergi, vegan dan autis. Web favorit saya adalah Manifest VeganGluten free girl and the chef dan juga Learning to eat allergy free. Dari sumber-sumber tersebut, saya mendapatkan banyak manfaat dan ilmu yang saya butuhkan dalam menyiapkan makanan untuk Aisha.

10 komentar:

Anindita Subawa mengatakan...

Haloo, salam kenal, mbak :)
saya lagi browsing resep cemilan tanpa telur, eh langsung tertarik ke blog ini. kebetulan anak saya sudah 2 minggu lebih pilek, dokter curiga alergi. jadilah saya sedang berusaha mengatur ulang menu harian anak.
meski awalnya susah, sebetulnya kalau mau mencari tau ternyata banyak juga variasi makanan untuk anak alergi. terima kasih ya mbak sudah berbagi informasi :)

Unknown mengatakan...

halo mbak,salam kenal,
kebetulan anak saya 15 bulan lg suka2nya ngemil.tp dia alergi susu sapi.dan badannya aga kecil.bagaimana mengatur menu makan dan cemilan yg cocok ya mbk?.tengkyuu :)

Unknown mengatakan...

mbk..salam kenal ya,
anak saya 19 bulan juga alergi banyak hal. sampai bingung mau belikan cemilan apa yang ga ada komposisi telur dan susu sapinya. seneng banget bisa sampai di blog ini. walau saya tidak bisa masak sama skali, saya pingin berjuang. makasih share ilmunya ya mbk :)

Unknown mengatakan...

Anakku umur 3 tahun dan alergi. Banyak banget alergennya...padahal anaknya suka makan. Cari resep tanpa telur lalu sampai ke sini. Thank you for sharing. Buku2nya menarik. Saya juga mau coba cari.

Dhilamulyana mengatakan...

Ternyata bukan saya saja kebingungan memilih makanan untuk anak alergi. Btw, apa disini ibu ibu yang anaknya alergi berat badan anaknya normal? Anak saya selalu digaris merah. Sudah setahun lebih tapi bb nya selalu di bawah 7kg. Itu yg paling bikin sedih. Pdhl aktif sekali. Cuma rewel setiap ketemu orang baru yg negor dia.

Unknown mengatakan...

Hai mbak salam kenal.. Terima kasih share resepnya. Anakku setelah 4taun sakit terus baru ini ketahuan kalo alergi. Iya di indo masih jarang ya, dan kl dr luar saya g bisa basa inggria. Alhamdulillah nemu blog ini. Ditunggu share resep selanjutnya ❤

Ravinratih mengatakan...

Hallo anak saya kuga alergi susu sapi dan telur.bb nya juga kurang...padahal makanan yg mengandung itu semua yg sering dimakan

Unknown mengatakan...

Bagi resep2 makanan non hewani bun.. anak saya alerginya sudah parah.. bingung mau masak pa lagi biar anaķ mw makan lahap

Unknown mengatakan...

Anak saya alergi semua produk susu sapi, susu soya, coklat, telur, bahkan tadi coba dikasih edamame. ..Dia sudah bentol merah. Saya bingung kasih maem apa yaaa usianya sudah 4 tahun. Kmrn sy cb tetep kasih susu sapi rasa coklat dan lain2 yg jd pantangan dia.efeknya malah jadi selulitis dan dia harus opname. Mohon siapapun bantu saya ya...

Unknown mengatakan...

Anak saya kalok makan ayam,telur,mie suka gatal bunda,,
Kadang saya bingung mau masakin dy apa..tolong dong bunda kasih sarannya