Senin, 26 Mei 2014

ES PISANG IJO VERSI 2

Es Pisang Ijo ini merupakan versi kedua yang saya buat, setelah sebelumnya saya pun pernah membuat es serupa ini. Perbedaannya terletak pada bagian kulit yang berwarna hijau, dimana versi pertama merupakan cara termudahnya yang dibuat dari kulit dadar, sementara yang ini harus melalui proses pemasakan dan pengukusan terlebih dahulu. Adapun resep Es Pisang Ijo kali ini, saya contek dari web “Just Try and Taste”, salah satu web favorite saya.

Ketika membuat ini, saya merubah cara pembuatannya sedikit, dikarenakan kukusan yang saya miliki tidak mencukupi untuk mengukus adonan hijaunya. Jadi, tahapan mengukus adonan saya ganti dengan  menjerangnya di atas api hingga adonan sedikit padat. Setelahnya, proses tahapan pembuatan sama seperti resep. Hasilnya…. Enaak…. Semua orang rumah sukaaa… Yeyyy… Memang cara membuatnya agak sedikit extra usaha terutama ketika akan melapis pisang kukusnya dengan adonan. Namun, setelah menikmati hasilnya dan melihat Aisha serta ayahnya suka sekali, rasanya perjuangan itu terbayarkan… hi… hi… hi… 

Berhubung hujan terus-menerus sepanjang hari dan khawatir Aisha pilek, maka saya memutuskan untuk tidak menambahkan serutan es batu. Walau tanpa es, Alhamdulillah, tetap nikmat…

 
  
ES PISANG IJO 2
Sumber: Just Try & Taste

Bahan-bahan:

Bahan pewarna pisang hijau:
200gr daun pandan, potong-potong
500ml air

Bahan Pisang Hijau:
15bh pisang raja yang telah  matang, kukus
200gr tepung beras
200gr tepung terigu
50gr gula pasir
600ml santan kental dari 1 butir kelapa
500ml air pandan
3 tetes pasta pandan à saya tidak gunakan

Bahan Vla Santan:
50gr tepung beras
500ml santan kental
100gr gula pasir
1/2sdt garam

Pelengkap:
Pecahan es batu secukupnya --> saya tidak gunakan
Sirup coco pandan atau sirup merah lainnya
Susu kental manis --> saya tidak gunakan

Cara membuat kulit pisang Hijau:
Siapkan daun pandan, potong-potong ukuran 2cm dan cuci hingga bersih. Masukkan ke dalam blender, tambahkan air dan proses hingga halus. Saring sari pandan. Ambil 500ml air daun pandan untuk mewarnai adonan pisang hijau.

Siapkan wadah, masukkan tepung beras, tepung terigu, santan dan air pandan, aduk rata hingga tidak licin dan tidak menggumpal. Jika ada gumpalan, saring adonan hingga halus. Masukkan gula pasir dan pasta pandan, aduk rata. Tuangkan adonan ke loyang tahan panas. Kukus selama 20 menit hingga adonan matang. --> saya menjerangnya di atas api hingga adonan agak padat, jadi seperti bubur sumsum.

Angkat adonan dan uleni dengan sendok nasi hingga adonan menjadi licin dan kalis.
Letakkan selembar plastic wrap di permukaan meja. Olesi permukaannya dengan santan, letakkan 3 sendok makan adonan kulit, tipiskan dan letakkan sebuah pisang di atasnya. Bungkus pisang dengan adonan kulit hingga pisang tertutup, bentuk adonan mengikuti bentuk pisang.

Siapkan selembar daun pisang, letakkan adonan yang telah dibentuk di atasnya. Lipat daun pisang dan bungkus si pisang hijau. Tata di kukusan. Lakukan hingga semua adonan habis.

Kukus selama 15 menit. Keluarkan dari kukusan dan biarkan hingga dingin.

Membuat Vla Santan:
Siapkan panic, masukkan semua bahan vla santan, aduk hingga halus dan larut. Masukkan daun pandan. Jerang vla di atas kompor dengan api kecil, aduk-aduk selama dimasak hingga adonan menjadi kental dan muncul letupan tanda vla telah mendidih dan matang.
Angkat dan dinginkan.

Penyajian:
Siapkan mangkuk, ambil sebuah pisan hijau. Potong-potong dengan ketebalan sesuai keinginan. Tata si pisang hijau di mangkuk, siram dengan vla santan. Tambahkan es batu dan kucuri dengan sirup vanilla merah dan susu kental manis.

1 komentar:

Anonim mengatakan...

terima kasih atas resep2nya..
saya ibu dgn anak yg alergi juga. sangat terbantu dengan resep2 ini.