Selasa, 18 Desember 2012

PUDING LAPIS UBI UNGU

Puding ini saya buat waktu Aisha sedang sakit. Sementara di dapur masih banyak persediaan ubi ungu. Bingung, mau bikin apa ya, makanan ringan tapi mengenyangkan, karena Aisha sedang tidak mau makan. Setiap disuapi makanan, selalu dibilang pahit. Maunya cuma makan yang manis dan buah-buahan sajah. Akhirnya, diputuskanlah membuat puding lapis tepung beras ubi ungu yang sepertinya lumayan mengenyangkan.

Untuk lapisan putihnya, dibuat dari tepung beras, jadi seperti bubur sumsum tapi tanpa santan. Sengaja dibuat tidak terlalu manis, karena ubi ungunya sendiri sudah manis. Jadi rasa pudingnya manis, gurih dan lembut. Dan yang menyenangkan,  Aisha suka sekali puding ini. Langsung habis 2 cup sekali makan. Alhamdulillah, ga sia-sia Miminya buat ini...

Waktu bikin, tidak nyontek resep, jadi asal cemplang cemplung sajah. Tapi di bawah ini saya kasih catatan membuatnya ya, cuma harap maklum kalau bahasanya membingungkan... he... he... he...



PUDING LAPIS UBI UNGU

Bahan:

1bungkus agar-agar
1200ml air
2sendok makan munjung tepung beras
4lembar daun pandan
1buah ubi ungu sedang, dikukus dan dihaluskan
Gula putih secukupnya
Garam secukupnya

Cara membuat:

Campur agar-agar dan air, lalu diaduk rata. Pisahkan 1/3 bagian campuran di atas, lalu masukkan tepung beras dan 2 lembar daun pandan ke dalamnya. Tambahkan gula dan garam sesuai selera. Masak di atas api sambil diaduk-aduk hingga mendidih. Angkat dan diamkan hingga agak hangat, lalu tuang ke dalam cetakan puding masing-masing 1 sendok makan atau sesuai selera.
 
Ambil sisa 2/3 campuran agar-agar dan air di atas, masukkan labu ungu yang sudah dihaluskan beserta sisa daun pandan. Tambahkan gula dan garam sesuai selera. Masak di atas api sambil diaduk-aduk hingga mendidih. Angkat dan diamkan hingga agak hangat, lalu tuang ke dalam cetakan, di atas bagian yang pertama. Lakukan hingga habis.
 
Diamkan beberapa saat, lalu masukkan ke kulkas. Puding siap dinikmati dalam keadaan dingin.

Tidak ada komentar: