Kamis, 22 November 2012

DSA (DOKTER SPESIALIS ANAK) UNTUK AISHA

Sebagai orang tua yang memiliki anak, tentunya kesehatan dan tumbuh kembang anak menjadi prioritas utama kita. Menurut artikel yang pernah saya baca, salah satu faktor yang turut mempengaruhi adalah bagaimana orang tua memilih DSA untuk anak-anaknya. Untuk saya pribadi, dalam memilih DSA, saya lebih menyukai DSA yang terbilang "hemat" dalam pemberian obat, terutama antibiotik. Karena tidak jarang banyak DSA yang dengan gampangnya memberikan jenis antibiotik untuk anak yang hanya terkena batuk pilek biasa.

Ngomong-ngomong mengenai DSA, saya jadi teringat ketika saya dan keluarga baru saja pindah dari Surabaya ke Jakarta setahun yang lalu. Hal pertama yang saya lakukan adalah mencari DSA pengganti untuk Aisha. Saya harus memastikan bahwa DSA tersebut benar-benar memahami kondisi anak alergi. Ya, sejak bayi, Aisha telah didiagnosa mengidap alergi susu sapi dan belakangan juga diketahui alergi terhadap beberapa jenis makanan. Dr. Daniel Hardjadinata, SpA., yang menangani Aisha sejak bayi mengatakan bahwa alangkah lebih baik bila di Jakarta Aisha juga "dipegang" oleh seorang DSA yang khusus menangani anak-anak alergi.

Selanjutnya, dimulailah perburuan untuk menemukan DSA yang tepat untuk Aisha. Sayapun mengumpulkan daftar beberapa nama DSA khusus anak alergi di Jakarta. Setelah menyempatkan diri bertemu dengan DSA-DSA tersebut, pilihan saya pada akhirnya jatuh ke dr. Widodo Judarwanto, SpA. Kenapa saya memilih beliau? Karena saya merasa cocok untuk berkonsultasi dengannya. Pada saat konsultasi pertama, beliau memberikan informasi yang cukup komplit mengenai anak alergi. Bahkan ada beberapa kondisi yang saya temui di Aisha pada saat bayi, baru saya ketahui bahwa hal tersebut ternyata merupakan manifestasi dari alerginya. Selain itu, beliau juga sangat kooperatif, mau mendengarkan keluhan atau pertanyaan kita dan menjelaskan permasalahan anak alergi dengan bahasa yang sederhana sehingga mudah dipahami. Walaupun jarak tempat prakteknya cukup jauh (beliau di RSIA Bunda, Menteng, sementara tempat tinggal saya di Jatikramat, Bekasi), namun saya merasa "it's worthed to give the effort" karena yang saya dapatkan jauh lebih berharga.

Bagaimana dengan anda? Sudahkah anda menemukan DSA yang tepat bagi anak-anak anda? Apakah anda memiliki kriteria tertentu dalam memilih DSA?

1 komentar:

Ayu Arini mengatakan...

Terima kasih infonya. Saya juga mau coba konsul ke dr. Widodo krn curiga sulitnya naik berat badan anak krn alergi.