Minggu, 24 Maret 2013

BOLU KUKUS PANDAN

Bolu kukus ini menjadi andalan saya untuk bekal Aisha sekolah. Resepnya sama saja dengan Bolu Kukus Tepung Beras yang pernah saya posting di sini, cuma airnya saya ganti dengan santan dan air pandan. Waktu buat ini, saya terburu-buru dengan persiapan Aisha sekolah. Jadi, semua adonan langsung saya tuangkan ke cetakan-cetakan. Berhubung kukusan tidak mampu menampung semuanya, akhirnya sebagian adonan yang telah saya tuang ke cetakan harus menunggu. Sehingga ketika dikukus, adonan "Gelombang Kedua" tidak semekar adonan "Gelombang Pertama". Jadi sebaiknya, jika kukusan tidak muat, adonan sisa dibiarkan saja dulu, jangan langsung dituangkan ke cetakan-cetakan. Jika Bolu Kukus pertama yang masuk ke kukusan telah matang, baru tuangkan adonan selanjutnya ke cetakan dan langsung masuk kukusan. 


Supaya lebih jelas, saya salin kembali resepnya di bawah ini:

BOLU KUKUS PANDAN

Bahan:

200gr tepung beras
200gr gula pasir
250ml campuran santan + air pandan
1sdt vanilla bubuk
2sdt baking powder


Cara membuat:

Panaskan kukusan. Campur semua bahan kering, tuang sedikit demi sedikit campuran santan sambil diaduk dengan whisk hingga tercampur rata. Tuangkan ke dalam cetakan bolu kukus yang sudah diberi cup, 3/4-nya saja. Kukus selama 10-15 menit. Jangan lupa, tutup kukusan dibungkus dengan serbet bersih ya... Angkat dan sajikan.

1 komentar:

Cute mom mengatakan...

Tolong tanya apa teksturnya seperti bolu kukus atau kue mangkok? Kalo saya liat bentuk di foto kok lebih mirip kue mangkok ya