Rabu, 13 Februari 2013

CUPCAKE PANDAN

Waduuuh, bangun tidur Aisha sudah merengek-rengek minta makan kue seperti kepunyaan sepupunya, kakak Putri. Rupanya dia melihat cupcake untuk acara Ultah kakak Putri yang dipesan di sebelah rumah, dan supaya mudah, diantarkan ke rumah oleh Bakery-nya. Sayangnya, Aisha tidak bisa makan kue itu karena mengandung telur dan susu.
Untuk memenuhi keinginan si krucil, langsung Maminya turun dapur, buat kue yang sama yaitu cupcake tetapi tanpa telur dan susu. Minta tolong si Mbak untuk mengambil daun pandan di depan rumah. Ciaat... ciaat... tidak berapa lama, jadilah cupcake pandan ini. Tanpa telur, tanpa susu, tanpa cokelat, tanpa pewarna. Perfect untuk Aisha!
Untuk frostingnya, dibuat vegan saja, dari margarine, gula putih dan susu soya. Simple! Yah, inilah jadinya... Frosting-nya agak sedikit kacau balau karena ngerjainnya seadanya, asal jadi, berhubung Aisha sudah tidak sabar, merengek terus. Btw, untuk hiasan / topping Princess-nya, itu dapat gratisan dari Bakery sebelah lohhh... Waktu si Mbak ke sana mau beli topping seperti kakak Putri punya, eh... malah dikasih gratis... Alhamdulillah... Terima kasih ya Mas, sudah bantuin untuk "membahagiakan" anakku...




CUPCAKE PANDAN

Bahan:

1 3/4cup tepung terigu serba guna
1cup gula pasir
1sdt baking powder
1sdt baking soda
1/2sdt garam
1cup campuran santan (bisa diganti susu) dan air pandan
1/2cup minyak sayur
2sdm ekstrak vanilla
1sdm air perasan jeruk lemon


Cara membuat:

Panaskan oven 180'C.
Campur dan aduk rata bahan-bahan kering: tepung, gula, baking powder, baking soda dan garam. Campur dan aduk rata bahan-bahan cair: larutan santan + air pandan, minyak, vanilla dan air jeruk lemon. Masukkan campuran santan ke dalam campuran tepung, aduk hingga merata. Jangan mengaduk terlalu lama. Tuang adonan ke dalam cetakan cupcake. Panggang selama 15-18 menit untuk cupcake standard dan 8-10 menit untuk mini cupcake. Angkat dari oven. Dinginkan.


VANILLA FROSTING

Bahan:

1/2cup margarine
1/2cup gula putih bubuk
1/2sdt ekstrak vanilla
1-3sdm susu soya

Cara membuat:

Dengan menggunakan mixer, aduk margarine hingga lembut. Pada kecepatan mixer rendah, masukkan gula, vanilla dan susu kedelai hingga frosting mencapai tingkat konsistensi yang pas. Susu soya tidak perlu dituangkan semua jika larutan dirasa sudah cukup pas. Mixer kembali dengan kecepatan tinggi selama 2 menit sampai adonan pucat dan lembut.

 
Si Eneng numpang foto dulu ya... Silahkan diambil kuenya...

5 komentar:

Anonim mengatakan...

mbak, mau nanya nih,
resepnya kan pake ukuran 'cup' tuh,
itu kl pake gram atau ml berapa ya..?
Tengkiu....

Anonim mengatakan...

mbak, mau nanya....
di resepnya kan pake ukuran 'cup' tuh, itu seberapa ya? ukuran 'cup' apa?
Kalau pake gram atau ml berapa ya..?
Terima kasih....

31 Oktober 2013 21.04

Anonim mengatakan...

Jadi penasaran nih,
Hasil jadinya berapa ya?

Anonim mengatakan...

Bantu jawab ya..
1 cup=250 ml
1 cup=16 sdm

Oshin mengatakan...

Sy juga memiliki anak yg alergi dan harus kreatif dalam menyuguhkan panganan. Sy sudah mencoba resep ini dengan menggunakan terigu protein rendah. hasilnya mengembang dan lembut agak seperti cake. sy lebih suka yg lembut seperti ini :)
Saat membuat kebetulan sy menggunakan susu soya kotak yg sudah manis rasanya dan kelupaan mengurangi takaran gula sehingga hasilnya agak kemanisan. tp overall enak sekali :)
resep diatas hasilnya 12 cupcake ukuran agak besar.
terimakasih atas sharing resep ini. Tuhan memberkati