Jumat, 16 Desember 2016

BEKAL SEKOLAH: DAGING SAPI MASAK KECAP

Assalamu'alaikum wr. wb. .....

Ada beberapa ibu yang penasaran dan ingin tahu, seperti apa bekal sekolah Raisha.... Untuk menjawab ini, saya berikan contoh salah satu bekal yang ia bawa ke sekolah. So simple.... tidak ribet... Yang harus diingat, walaupun alergi, tetap bisa makan enak dan memiliki berbagai variasi makanan sehat seperti teman-teman lainnya. Hanya bedanya makanan Aisha tidak mengandung telur..... 

Menu ini termasuk salah satu menu favorite Aisha, terdiri dari: 
1. Nasi kuning ala Aisha
2. Perkedel tanpa telur
3. Rebusan wortel dan buncis
4. Daging sapi masak kecap
5. Pisang goreng --> untuk snack time

Pada kesempatan ini saya akan berikan resep Daging Sapi Masak Kecap yang juga merupakan salah satu menu favorite saya untuk membuatnya karena proses pengerjaannya yang sangat mudah. Resepnya saya ambil dari buku "50 Variasi Menu Hemat, Lezat & Sehat".


DAGING SAPI MASAK KECAP

Bahan-bahan:
400gr daging sapi, iris tipis
6 siung bawang putih, memarkan
1.5sdt merica bubuk
100cc kecap manis
sedikit minyak untuk menumis
600cc air

Cara membuat:
  1. Campur daging dengan bawang putih, merica dan kecap. Remas-remas dengan tangan, biarkan 30 menit.
  2. Panaskan 3 sendok makan minyak dalam wajan, masukkan daging berbumbu, aduk-aduk hingga daging berubah warna. 
  3. Masukkan air, masak dengan api kecil hingga daging empuk dan kuah mengental, angkat. --> saya menggunakan panci presto dan memasaknya selama 45 menit. 
Untuk nasi kuningnya, saya masak menggunakan rice cooker. Bahannya terdiri dari beras, kunyit bubuk, daun jeruk, sereh dan daun salam. Sementara perkedelnya, cara pembuatannya dan bahannya hampir sama dengan perkedel biasa hanya saya tidak menggunakan telur. Bagaimana, mudah kan?

Wassalamu'alaikum wr. wb. .....

Tidak ada komentar: