Sabtu, 22 Desember 2012

ROTI KISMIS KAYU MANIS

Waktu itu pernah nyoba buat roti ini, tapi kurang mengembang. Sepertinya karena kurang 'dibanting'. Nah, sekarang nyoba lagi supaya terpuaskan hati ini... he... he... Resepnya saya dapatkan dari Just Try and Taste. Uniknya, roti ini tidak menggunakan telur dan susu, jadi sudah pasti cocok untuk Aisha. Alhamdulillah, percobaan kedua ini berhasil dengan sukses, si bread mengembang dengan sempurna. Namun, memang tidak selembut roti yang menggunakan telur. Aroma cinnamon atau kayu manisnya berasa. Tapi buat saya, manisnya agak kurang. Mungkin next time harus ditambahkan lagi gulanya. Btw, Aisha suka sekali roti ini. Hampir setengah bagian dilahap sendiri, makannya dicocol sama selai blueberry kesukaannya...



CINNAMON RAISIN BREAD
diadaptasi dari buku, The Bread Baker Bible

- Untuk 2 loyang loaf -

Bahan:

200ml air
2sdm margarine
440gr tepung terigu protein tinggi (Cakra Kembar), ayak
55gr gula pasir
2sdt garam
1 1/2sdt kayu manis bubuk
2 1/4sdt ragi instant
1sdt Baker's bonus (pengempuk roti)
100gr kismis, cincang kasar
2sdm madu untuk olesan --> karena kehabisan madu, saya menggunakan selai aprikot


Cara membuat:

Panaskan oven, set di suhu 180'C dengan pengapian atas dan bawah. Siapkan 2 loyang loaf, olesi mentega dan taburi dengan tepung. Sisihkan.

Dalam mangkuk besar, ayak tepung terigu dan kayu manis. Kemudian masukkan ragi instant, baker's bonus, gula pasir dan air ke dalam tepung. Biarkan hingga air terserap oleh tepung kemudian campur adonan dan uleni. Jika airnya kurang, tambahkan sedikit-sedikit saja menggunakan sendok.

Tambahkan margarine dan garam, uleni hingga adonan kalis. Masukkan kismis cincang dan campurkan hingga kismis tersebar rata di roti. Bulatkan adonan, tutup mangkuk adonan dengan kain bersih atau plastic wrap. Diamkan hingga mengembang 2x lipat.

Jika telah mengembang, kempiskan adonan dan uleni lagi selama 2  menit. Bagi adonan menjadi 2 bagian. Bulatkan kembali adonan dan diamkan hingga sekali lagi mengembang. Kempiskan adonan, bentuk seperti lontong memanjang, bagi masing-masing adonan menjadi 4 bagian. Tata masing-masing potongan adonan ke dalam loyang loaf dengan sisi irisan di samping. Diamkan 10 menit sambil ditutup dengan kain bersih atau plastik wrap.

Panggang selama 40 - 50 menit atau hingga permukaan roti kecoklatan. Keluarkan dari oven dan olesi permukaannya dengan madu. Panggang kembali 30 menit. Keluarkan dan dinginkan 5 menit, kemudian keluarkan dari loyang. Dinginkan roti di rak kawat dan roti siap dinikmati.

Tidak ada komentar: