Rabu, 17 April 2013

KROKET DAGING KENTANG

Kroket ini merupakan salah satu makanan favorite Aisha. Untuk lapisannya, saya tidak menggunakan telur, melainkan sagu yang dicairkan, lalu digulingkan ke dalam tepung kentang. Hasilnya tidak jauh berbeda dengan kroket yang dibalur dengan tepung panir.


KROKET DAGING KENTANG
sumber: Resep Klasik Jajanan Pasar karangan Tutu' Catering & Tomomi Kimura


Bahan Kulit (campur):

500gr kentang, kukus dan haluskan
1/2sdt garam
1/4sdt pala bubuk
1/2sdt merica bubuk

Bahan Isi:

200gr daging cincang
1bh wortel, iris dadu
1btg daun bawang, iris tipis
1btg seledri, iris tipis
3siung bawang putih, haluskan
4siung bawang merah, haluskan
1sdm margarine untuk menumis
1sdm tepung terigu, cairkan dengan 2sdm air
1/2sdt merica
Garam dan gula
1btr telur, kocok --> saya ganti dengan cairan tepung sagu
Tepung panir untuk olesan --> saya ganti dengan tepung kentang

Cara membuat:
 
Isi: tumis bawang merah dan putih, masukkan daging dan wortel, aduk hingga air habis.Tambahkan 50ml air. Masukkan garam, merica, gula, daun bawang dan daun seledri. Aduk rata, masukkan cairan terigu. Aduk hingga kental, angkat dan dinginkan. Ambil 1-2sdm adonan kentang, lalu letakkan 2-3sdt adonan isi. Rapatkan lalu bentuk lonjong. Masukkan bulatan ini ke dalam telur kocok --> saya ganti dengan cairan tepung sagu, angkat, lalu gulingkan pada tepung panir --> saya ganti dengan tepung kentang. Ulangi dengan cara yang sama pada sisa bahan. Goreng sebentar hingga kecokelatan.

Tidak ada komentar: