Sabtu, 22 Juni 2013

EGGLESS TOFU POUND CAKE

Sebelum menemukan resep ini, kayaknya tidak terfikirkan untuk membuatkan poundcake buat Aisha. Karena biasanya selalu menggunakan telur. Nah, suatu saat, saya menemukan resep ini di blog salah seorang Vegetarian luar. Sayangnya, saya lupa catat nama blognya.

Sesudah merasakan kue ini, benar-benar surprise loh... Teksturnya moist dan rasanya juga enak untuk kue yang tidak mengandung telur dan dairy product. Tidak percaya? Coba deh... yuukkk... he... he...

Biasanya, poundcake ini dilapisi lime glaze di atasnya. Untuk yang bukan vegetarian, bisa juga dilapisi coklat cair. Cuma saya tidak membuatnya. Untuk informasi, resep lime glazenya saya sertakan juga di bawah ya... mungkin ada yang mau coba buat juga...


EGGLESS TOFU POUND CAKE

Bahan:

5 oz silken tofu, tiriskan --> saya menggunakan 1/4 cup tofu original
2/3cup gula pasir
1/4cup minyak canola
1/4cup susu soya / kedelai rasa vanilla --> saya menggunakan yang 'plain' tanpa rasa
2sdt vanilla ekstrak --> saya tidak gunakan
1 1/2cup cake flour --> saya menggunakan tepung terigu protein sedang
1 1/2sdt baking powder
1sdt baking soda
1/2sdt garam

Cara membuat:

Panaskan oven di 180'C. Lapisi loaf pan dengan margarin.
Blender tofu, gula, minyak, susu kedelai dan vanilla ekstrak di food processor sampai halus.
Campur rata tepung, baking powder, baking soda dan garam.
Masukkan campuran tofu ke dalam campuran tepung, lalu aduk rata.
Tuang campuran yang telah rata ke dalam loaf pan.
Panggang sekitar 30 menit atau sampai matang.
Keluarkan dari oven.
Diamkan hingga dingin.


LIME GLAZE

Aduk 1/3cup gula castor dan 1sdm air perasan lemon hingga halus dan merata dengan menggunakan whisker. Tuang di atas permukaan kue yang sudah dingin.

2 komentar:

Anonim mengatakan...

salam kenal mbak..saya senang bisa nemuin blok mbak karena saya juga vegan..resep2 nya sangat bermanfaat buat orang2 yg alergi telur dan vegan..ditunggu resep2 terbarunya mbak..thx
yuliana

Unknown mengatakan...

salam kenal mba... mantep" banget resep mba.. makasih ya uda sharing.. ditunggu lo mba resep" berikutnya.. heheheheh