Sabtu, 22 Juni 2013

VEGAN BLUEBERRY THUMBPRINT

Resep asli diambil dari buku "Cookies - Yasa Boga" dengan judul Kue Stroberi. Sementara saya lebih senang menyebutnya "Blueberry Thumbprint", karena menggunakan selai Blueberry, dan kuenya dicetak menggunakan ujung sumpit sebagai pengganti ibu jari... he... he... Hasilnya wuenak, renyah krenyes-krenyes dan rasa manisnya pas di mulut. Cuma dalam waktu 2 hari, cookiesnya sudah habis dilahap krucil.



VEGAN BLUEBERRY THUMBPRINT

Bahan:

225gr tepung terigu + 1 1/2sdm tepung beras
50gr gula halus
2sdm mete goreng cincang halus
1/4sdt garam, bila menggunakan mentega tawar
1sdt ekstrak vanili --> saya tidak gunakan
180gr mentega
50gr selai stroberi, saring --> saya ganti dengan selai blueberry
30gr irisan kacang almond atau irisan kacang mete untuk taburan

Cara membuat:

Campur tepung terigu, tepung beras, mete cincang, garam, gula dan vanili, masukkan mentega, aduk dengan garpu hingga tercampur rata dan adonan dapat dibentuk. --> saya  menggunakan food processor (maklum, sedang kambuh malesnya... he... he... he...).
Ambil 1 sdt adonan, bulatkan dan taruh di loyang yang telah dioles mentega / margarin. Beri jarak 3cm, lubangi tiap kue dengan menggunakan ujung sumpit, isi dengan selai blueberry. Hias dengan irisan kacang mete atau almond. Panggang dalam oven yang sudah dipanaskan 160'C selama + 20 menit hinga matang, kuning kecoklatan.

Oh iya, postingan ini saya serahkan juga ke ajang bulanan Masak Bareng Yuuk...

Tidak ada komentar: