Kamis, 14 Februari 2013

GLUTEN & ALLERGY FREE APPLE PIE

Apple Pie ini cocok untuk anak-anak / orang dewasa yang diet gluten. Tidak menggunakan tepung terigu. Saya menggunakan campuran tepung beras (50%), tepung tapioca (25%) dan tepung kentang (25%). Proses pembuatannya sama saja seperti Apple Pie yang lain, cuma texture-nya lebih terasa "crunchy" atau garing. 

Resep crust-nya sendiri saya modifikasi dari buku "500 Cakes and Bakes" karangan Martha Day. Untuk adonan isi, resepnya sama saja dengan postingan saya Classic Apple Mini Pie sebelumnya, tetapi terigunya diganti dengan tapioca.

GLUTEN & ALLERGY FREE APPLE PIE

Bahan:

165gr tepung mix (50% tepung beras, 25% tepung tapioca, 25% tepung kentang)
1/2sdt garam
115gr margarine dingin
2-3sdm air es

Cara membuat:

Panaskan oven di 220'C. Masukkan tepung, garam dan margarine dingin ke dalam food processor. Proses hingga berbutir-butir. Tambahkan air es 2-3 sdm hingga agak menyatu tetapi masih sedikit berbutir. Keluarkan dari food processor. Bentuk menjadi bola. Lapisi dengan plastic wrap. Simpan di kulkas selama 20 menit sebelum digunakan. Keluarkan adonan kulit dari kulkas. Giling menggunakan "roll" hingga ketebalan + 5mm. Cetak ke dalam cetakan-cetakan pie mini. Masukkan adonan isi di atasnya. Panggang di 220'C selama 10 menit, lalu turunkan panas oven ke 180'C dan lanjutkan selama 45 menit. Kelarkan dari oven dan dinginkan.

Tidak ada komentar: