Senin, 11 Februari 2013

CLASSIC MINI APPLE PIE

Hari ini lagi kepingin makan Apple Pie. Langsung saja buka-buka resep Apple Pie yang Aisha juga bisa ikutan makan. Resepnya diambil dari buku "The Food Allergy Mama's Baking Book" karangan Kelly Rudnicki. Buatnya lumayan mudah loh... Ini resepnya ditranslate-kan secara bebas oleh saya sendiri.


ADONAN KULIT PIE

Bahan:

2cup tepung terigu serbaguna
1sdt gula  halus
1/2sdt garam
2/3cup margarine, dinginkan dan potong kecil-kecil
5-7ssdm air dingin


Cara membuat:

Campur dan aduk rata tepung, gula halus dan garam di Food Processor. Masukkan margarine yang telah dipotong-potong kecil dan proses beberapa detik saja hingga adonan membentuk "crumb" atau butiran-butiran. Tambahkan air dingin sesendok-sesendok, sampai adonan terlihat menyatu. Kalau adonan sudah menyatu, air es tidak perlu dihabiskan. Keluarkan adonan dari Food Processor, lalu lapisi dengan plastic wrap. Bentuk menjadi bulatan. Simpan di kulkas + 30 menit sebelum digunakan.




CLASSIC MINI APPLE PIE

Bahan:

1resep kulit pie
1cup gula halus
3sdm tepung terigu serbaguna
1 1/2sdt bubuk kayu manis
1/4sdt pala bubuk
1/4sdt garam 
6 1/2cup apel, kupas, potong-potong tipis
2sdm margarine
Gula putih untuk taburan
Air untuk percikan


Cara membuat:

Siapkan kulit pie sesuai resep. Bagi menjadi 2 bagian. Di mangkuk besar, aduk rata gula halus, tepung, kayu manis, pala dan garam menggunakan wire whisk. Tambahkan apel dan aduk rata kembali menggunakan spatula karet.
  
Panaskan oven 200'C. Ratakan adonan kulit pie di cetakan-cetakan pie mini. Tambahkan campuran apel dan taruh beberapa potongan kecil margarine di atasnya. Tutup dengan 1/2 bagian sisa adonan kulit pie. Taburkan gula putih di atasnya dan percikkan sedikit air.

Panggang selama 50-60 menit atau sampai campuran apel berbuih dan kulit kecoklatan. Pindahkan dari oven dan biarkan dingin.

Tidak ada komentar: