Rabu, 13 Maret 2013

ANEKA ROTI ASIN

Lagi penasaran nih, kepingin nyoba resep roti tapi unsur telur dan susunya saya hilangkan. Bisa tetap lembut ga ya? Resep aslinya nyontek dari mbak Hesti (thank u ya mbak sudah sharing resep) di Hesti's Kitchen. Hasilnya ternyata masih tetap ok, bahkan setelah diinapkan semaleman. Kayaknya bakalan jadi salah satu resep favorite saya deh... Memang top markotop deh resep-resepnya mbak Hesti.

Metodenya menggunakan water roux. Dari satu adonan, bisa menjadi beraneka ragam jenis roti. Ada roti sosis caterpillar, roti gulung abon daging dan roti pizza yang saya khususkan untuk suami tercinta. Sementara untuk krucil, dibuatkan roti isi abon, roti isi blueberry, roti sosis catterpilar mungil dan roti kosong alias tanpa isian dan tidak saya berikan glaze atau lapisan kuning telur. Jadi dibiarkan apa adanya saja, cuma memang menjadi kelihatan pucat. Biasanya saya berikan glaze madu. Berhubung kehabisan, ya sudah, biarkan saja tanpa lapisan... he... he... he...

Oh iya, untuk roti gulung abon dan caterpillar, cara membuatnya bisa dilihat di blognya Mbak Ricke. Ini saya tuliskan resep asli rotinya saja dari mbak Hesti ya... Sementara untuk isiannya, suka-suka sajah, bebas merdeka...


ANEKA ROTI ASIN

Water roux:

50gr tepung terigu protein tinggi
250ml air

Bahan:

400gr tepung terigu protein tinggi
200gr tepung terigu protein sedang
120gr gula pasir
2sdm susu bubuk full cream --> saya tidak pakai
1 butir telur + 1 kuning telur --> saya tidak pakai
10gr ragi instan
200gr water roux
175-200ml air hangat
80gr margarin
1sdt garam

Cara membuat:

Water roux: dalam panci, campur air dan tepung terigu. Aduk rata sampai halus dan tidak bergerindil. Masak dengan api sedang sampai kental. Jangan sampai mendidih. Sisihkan hingga dingin.

Roti: tuang semua bahan kering kecuali margarin dan garam ke dalam mixer. masukkan campuran water roux, air dan telur ke dalamnya. Nyalakan mixer dan proses hingga kalis. Tambahkan margarin dan garam lalu mixer lagi sampai elastis. Bisa juga dilanjutkan mengguanakn tangan agar teksturnya bisa terasa kalau sudah elastis. Kalau terlalu kering bisa ditambahkan sedikit air, tapi kalau terlalu lembek bisa ditambahkan sedikit tepung.

Tutup dengan cling wrap dan fermentasikan sampai mengembang 2x lipat. Bentuk dan isikan toping sesuai selera.

Fermentasikan selama kurang lebih 45 menit tergantung cuaca. Panggang selama sekitar 15 menit atau sampai atasnya kuning keemasan. Jangan lupa oven dipanaskan terlebih dahulu dengan api 200'C atau 400'F.

 Di atas itu, roti-roti untuk Aisha. Tidak menggunakan glaze, dibiarkan polos sajah.... Rasanya tetap wokeh kok...

Tidak ada komentar: