Minggu, 03 Maret 2013

DONUT

Sudah beberapa kali Aisha minta dibuatkan donut kentang. Cuma Miminya masih belum meluluskan permintaannya, karena penyakit malas sedang kambuh. Hingga kemarin itu, menemukan resep Donut di majalah Sedap dan langsung teringat akan permintaan si krucil.

Resepnya sendiri tidak menggunakan telur. Untuk tepungnya, saya kombinasikan antara terigu dengan tepung kentang. Alhamdulillah, tidak mengecewakan... Ternyata tanpa telur, masih bisa tetap lembut kok... Senangnya melihat Aisha dan ayahnya makan kue kegemaran mereka... Ga perlu nunggu seharian, donutnya sudah habis tak bersisa...


DONUT

Bahan:

300gr tepung terigu protein tinggi --> saya: 240gr terigu, 60gr tepung kentang
1 1/2sdt ragi instan
50gr gula pasir
20gr susu bubuk --> saya tidak pakai
100ml air es
30gr margarin
1sdt garam
Minyak untuk menggoreng
50gr gula donut

Cara membuat:

Campur tepung terigu, tepung kentang, ragi instan dan gula pasir. Aduk rata. Tambahkan air es sedikit-sedikit sambil diuleni sampai kalis. Masukkan margarin dan garam. Uleni sampai elastis. Diamkan 15 menit. Kempiskan adonan. Timbang masing-masing 30gram. Bulatkan, diamkan 10 menit. Pipihkan adonan. Lubangi tengahnya. Diamkan 30menit sampai mengembang di atas loyang yang ditabur tepung. Goreng dalam minyak yang sudah dipanaskan di atas api sedang sampai matang. Dinginkan. Masukkan ke kantung plastik yang sudah diisi gula donut. Kocok-kocok sampai teraduk rata.

Tidak ada komentar: