Minggu, 24 Maret 2013

BANANA CUPCAKE & BANANA BREAD

Ini merupakan resep Banana Bread andalan saya, yang dicontek dari buku The Food Allergy Mama's Baking karangan Kelly Rudnicki. Dari sekian banyak resep anak alergi, ini salah satu yang sepertinya pas di lidah saya. Aroma pisangnya terasa sekali. Dari satu adonan, sebagian saya cetak di cetakan mini muffin untuk Aisha, dan sisanya saya tuangkan ke loaf pan dengan ditambahkan chocolate chip. Yang terakhir ini khusus untuk hubby tercintah...


BANANA BREAD

Bahan:

1/2cup margarin
1 2/3cup gula pasir halus
1 1/2cup pisang matang yang dihaluskan / dilumat --> saya menggunakan food processor
3sdm air
2 3/4cup tepung terigu serbaguna
2 1/2sdt baking powder
1/2sdt garam
3/4cup buttermilk (dibuat dari 1cup susu kedelai dicampur dengan 1sdm air jeruk lemon. Aduk dan biarkan selama 5-10 menit)
Chocolate chips sesuai selera

Cara membuat:

Panaskan oven di 180'C.
Dengan menggunakan mixer, campur margarin, gula, pisang dan air. Di wadah lain, campur rata tepung, baking powder dan garam dengan menggunakan wire whisk. Secara bergantian, masukkan campuran tepung dan buttermilk ke dalam campuran margarin-pisang. Cara  mencampurkan, dimulai dari campuran tepung, lalu buttermilk, dilanjutkan adonan tepung lagi dan seterusnya hingga diakhiri dengan campuran tepung. Tuang adonan ke dalam cetakan mini muffin, dan panggang sekitar 15-20 menit. Sementara sisa adonan ditambahkan chocolate chip, lalu diaduk rata. Tuang adonan ini ke dalam loyang loaf. Panggang sekitar 50-60 menit.

1 komentar:

Unknown mengatakan...

Saya cuba tak jadi