Rabu, 27 Maret 2013

APEM BERAS

Kue ini saya buat untuk bekal snack Aisha ke sekolah. Resepnya hasil mencontek dari salah seorang blogger Malaysia di sini. Ga nyangka sih, ternyata kuenya lumayan enak dan lembut mengembang. Supaya terlihat cantik, saya menambahkan air perasan daun pandan. Ini resepnya ya...


APEM BERAS

Bahan:

2 cup nasi
2 cup tepung terigu serbaguna
2 cup tepung beras
1 1/2 cup gula pasir
2 1/2 cup air --> saya menggunakan air + air perasan daun pandan
2 sdt ragi
Kelapa parut dengan sedikit garam --> saya tidak pakai


Cara membuat:

Masukkan nasi dan air ke dalam blender dan process hingga halus. Campur gula ke dalam larutan dan process kembali hingga menyatu. Di mangkuk lain, campur tepung terigu, tepung beras dan ragi. Setelah itu, masukkan campuran cair ke dalam campuran tepung. Aduk hingga rata.Tutup mangkuk dengan plastic wrap dan diamkan selama 3 jam --> saya hanya 1 jam.
 
Panaskan kukusan dan lapisi penutupnya dengan serbet. Oles cetakan kue dengan sedikit minyak. Tuang adonan ke dalam cetakan-cetakan dan kukus selama 15 menit. Angkat dan lepaskan dari cetakan. Kukus kelapa parut yang telah ditaburi garam sekitar 15 menit. Hidangkan kue bersama dengan kelapa parut.

1 komentar:

My Life.. mengatakan...

salam kenal bu :) kalo boleh tau ukuran cup itu segimana yah?
-riri-